Air Terjun Mataru, Air Terjun Tenang dan Indah yang Harus Dikunjungi

Jalan – jalan di Alor dan ingin bermain – main di tempat wisata air terjunnya? Alor punya sebuah air terjun tenang dan indah yang jauh dari keramaian dan pusat kota yaitu Air Terjun Mataru. Kalau kamu memang ingin merasakan suasana kota Alor yang penuh kedamaian dan kejutan, datang ke Air Terjun Mataru sangat dianjurkan.

Di sana, banyak aktivitas wisata seru yang bisa kalian lakukan. Berikut kami ulas informasi lengkap dan menariknya seputar Air Terjun Mataru yang bisa kalian kunjungi ketika bepergian ke Alor. Yuk simak!

Air Terjun Mataru Alor, Review Tempat Wisata di Alor

Alamat : Legiman, Desa, Taman Mataru, Mataru, Kabupaten Alor, NTT
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 18.00 WITA
Tarif tiket masuk : Gratis, hanya bayar biaya parkir

Air Terjun Mataru Alor merupakan sebuah pesona alam indah di Alor yang letaknya berada di Desa Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru. Air terjun ini juga dikenal sebagai Beintal oleh warga setempat.

Kamu perlu melakukan trekking cukup jauh ke lokasi air terjun berada. Jadi dari tempat parkir, kamu harus trekking atau berjalan kaki dulu naik turun tebing dan melintasi perkebunan warga untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

Sesampainya di lokasi wisata air terjun, kamu akan merasakan hawa sejuk yang menyenangkan. Cocok banget jadi tempat untuk healing. Soal aktivitas wisata yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke air terjun ini cukup banyak. Di Air Terjun Mataru Alor, kalian bisa melakukan beberapa aktivitas berikut :

See also
Wisata di Alor, Pulau Cantiknya Timur Indonesia

1. Berfoto dan mengambil video

Yaps, terasa kurang rasanya kalau ke air terjun tapi tidak berfoto. Kamu bisa berfoto dengan menggunakan kamera atau HP yang kalian punya. Selain foto, kalian juga bisa mengabadikan moment ketika berkunjung ke Air Terjun Mataru Alor lewat video.

2. Bermain air atau berenang

Buat yang nggak bisa berenang, kalian bisa main – main air di tepian air terjun. Untuk kalian yang mahir berenang, nggak masalah berenang di kolam yang terdapat di bawah air terjun. Kolam tersebut merupakan kolam yang menampung air yang meluncur dari atas tebing di Air Terjun Mataru. Hanya saja kolam tersebut Sempit jadi jangan terlalu excited ya, hati – hati.

3. Bersantai dan makan bekal

Setelah trekking sedikit lama, kalian pasti lapar. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan kalian membawa bekal kalau ke Air Terjun Mataru. Kalian bisa makan di perjalanan atau sesampainya di air terjun setelah puas bermain – main.

Jangan lupa bawa air minum yang cukup juga. Setelah itu, kalau sudah makan dan minum, jaga kelestarian kawasan air terjun dengan membawa sampah bekas makanan dan minuman pulang ya. Nanti bisa kalian buang di tempat sampah.

Sebagai informasi terbaru, Air Terjun Mataru saat ini sedang dalam fase pengembangan sebagai destinasi wisata unggulan untuk Kabupaten Alor.

Buat kamu yang ingin ke Air Terjun Mataru, untuk menuju ke air terjun, kamu juga akan lewat Desa Taman Mataru yang mana desa ini merupakan sebuah desa wisata yang menarik.

Kamu akan menyaksikan budaya dan adat istiadat Alor yang masih sangat kental di Desa Taman Mataru ini. Kalian juga bisa merasakan bercengkrama dan bersosialisasi dengan warga sekitar yang sangat ramah.

See also
5 Villa Ciater Murah Untuk Bermalam Low Budget

Bagaimana perjalanan menuju air terjun?

Untuk menuju ke Air Terjun Mataru Alor, pengunjung dapat mengakses jalur darat menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Alor atau dari ibukota Kabupaten Alor.

Nanti, kamu akan tiba di sebuah desa bernama Desa Legiman. Di sana, kamu harus berjalan kaki sekitar 1,5 km dari perkampungan untuk bisa sampai di air terjun. Hal tersebut wajib dilakukan jika ingin sampai di air terjun karena lokasi air terjunnya memang jauh dari perkampungan atau pemukiman warga.

Akan tetapi tenang saja, semua perjuangan tersebut akan terbayar dengan pemandangan air terjun Mataru yang sangat indah.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Air Terjun Mataru Alor? Semoga menjadi informasi wisata yang menarik khususnya untuk kalian yang berniat berlibur di Alor, NTT.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security