Pantai Koka, Pantai Pasir Putih Nan Cantik di Maumere

Pantai Koka

Maumere punya sebuah pantai cantik nan indah yang bisa dikunjungi. Pantai tersebut adalah Pantai Koka. Kamu akan menemukan bentang alam indah seluas mata memandang. Air laut jernih, pasir putih nan halus, semuanya akan menjadi teman menyenangkan yang bisa kamu temukan ketika liburan di sini.

Untuk kamu yang berada di Flores, khususnya di Maumere dan tertarik untuk menikmati pantai indah yang belum banyak didatangi orang, kamu wajib banget datang ke Pantai Koka. Berikut review selengkapnya!

Pantai Koka : Review Pantai di Maumere

Alamat : Pantai di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Wolowiro, Kec. Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA, untuk yang ingin camping boleh asal sudah izin.
Tarif tiket masuk : Tiket masuk dibayarkan dua kali. Di pintu pertama membayar sebesar Rp 5.000,00 untuk pengendara motor dan Rp 10.000,00 untuk pengendara mobil. Selanjutnya, akan dikenakan tiket masuk dengan nominal yang sama untuk kepentingan retribusi kendaraan.

Pantai Koka merupakan sebuah pantai di Maumere yang hadir dengan ciri khas tebing mengitari pantai dengan latar dua buah bukit hijau. Dua buah bukit hijau tersebut bernama Bukit Ndate sare dan Bukit Rodja.

Bukit Ndate sare berada di bagian timur pantai Koka. Sementara Bukit Rodja terletak di bagian sebelah barat Pantai Koka. Di bukit Rodja ini juga terdapat tebing indah yang tingginya sekitar 100 meter. Kehadiran tebing tersebut turut memberikan pesona alam tersendiri bagi pantai ini.

Di pantai ini, air lautnya cukup tenang, tapi terpaan ombaknya cukup kuat dengan ombak yang bisa mencapai 1,5 meter utamanya di sore menjelang malam. Kemudian, kamu juga akan menemukan pasir pantai berwarna putih.

Kamu yang suka banget dengan pantai berpasir putih dan bersih, pasti akan sangat suka ketika berlibur di pantai yang satu ini. Menariknya lagi, tak jauh dari bibir pantainya, kamu akan menemukan sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai kuda.

See also
The Ranch Puncak, Wisata Edukasi dan Keluarga Untuk Liburan Bersama Anak

Batu tersebut bernama Watu Jara (Batu Kuda) yang bagian kepalanya terbenam air, sementara bagian ekornya tertimbun pasir. Kalau kamu suka foto, setiap titik dari pantai ini sangat cocok dijadikan spot foto karena banyak lokasi – lokasi yang indah, instagramable dan pastinya eksotis.

Pantai Koka [source img : indozonetravel]
Pantai Koka [source img : indozonetravel]

Selain menikmati keindahan pantai, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Koka, di antaranya :

1. Berfoto

Yaps, sebagaimana yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ada banyak titik yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto di Pantai Koka ini.

Mulai dari bibir pantainya, di sekitar tebing tinggi yang menjulang, di bukit Ndate Sare atau Bukit Rodja yang bisa ditempuh dengan sedikit trekking, di sekitar batu besar berbentuk menyerupai kuda, dan masih banyak tempat lain yang indah untuk dieksplor.

Belum lagi ketika waktu menjelang sore atau malam hari, kamu bisa menunggu kehadiran sunset yang memukau di pantai ini dan berfoto dengan pesona sunset tersebut.

2. Snorkeling atau diving

Pantai Koka merupakan sebuah pantai perawan yang memiliki terumbu karang indah dan biota laut yang sangat kaya. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas wisata berupa snorkeling atau diving. Kamu akan merasakan pengalaman berenang di bawah laut dan menyaksikan pesona alam yang memukau ketika melakukannya.

Ada beberapa paket snorkeling atau diving dengan pemandu yang bisa dimanfaatkan untuk kamu yang ingin snorkeling atau diving dengan aman di Pantai Koka. Harga paketnya juga sangat bervariasi, jadi bisa ditanyakan pada petugasnya.

Baca juga : Pantai Nihiwatu, Pantai Cantik Untuk Pemburu Sunset dan Surfers

See also
Barn Event Hire Mojokerto, Dapatkan Foto Instagramable Di Sini!

Rute Menuju Pantai Koka

Kalau kamu menuju Pantai Koka dari pusat kota Maumere, kamu perlu menempuh jarak sekitar 48 kilometer ke arah barat untuk bisa sampai di Pantai Koka ini.

Lokasinya yang dilewati jalur Trans Flores dari arah Maumere menuju Ende, membuat kamu perlu keluar dulu dari jalur Trans Flores sekitar 2 km untuk menuju ke pintu masuk tujuan Wisata Pantai Koka. Banyak pengunjung yang kerap singgah di Pantai Koka untuk sejenak menghilangkan penat setelah berlama – lama berkendara di jalur Trans Flores ini.

Namun perjalanan menuju Pantai Koka tidak terlalu mudah karena pengendara harus melewati rute jalan yang belum beraspal dan juga harus melewati perkebunan warga sebelum akhirnya disambut dengan menikmati pesona pemandangan Pantai Koka yang indah dan menawan.

Itulah sedikit review yang kami dapat bagikan terkait wisata Pantai Koka. Happy holiday khususnya buat kalian yang sedang berada di NTT dan tertarik berkunjung ke pantai di Maumere.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security